Enter your keyword

post

Kenapa Belajar Musik?

Musik adalah seni. Seni adalah suatu keindahan, seperti indahnya karya sang Pencipta yang kita dapat saksikan di alam semesta. Belajar musik meningkatkan kualitas kebermaknaan dan persepsi akan keindahan.
Musik dapat membantu seseorang untuk membangun hidupnya (lebih) indah, (lebih) bahagia dan (lebih) mencapai potensi maksimalnya.
Sebagai bentuk seni yang menghasilkan getaran suara, musik terbukti memiliki berbagai manfat bagi kinerja syaraf, otak, sisi psikis dan berdampak pada perubahan perilaku.
Tentu saja ada alasan lain tentang dampak positif dari belajar musik, di antaranya:

  • Karena musik adalah gaya hidup. Musik mengiringi kehidupan manusia. Dengan menguasai alat musik kita dapat mudah bersosialisasi (orang cenderung menerima dengan senang seseorang yang bisa memainkan alat musik atau bernyanyi, dapat masuk komunitas musik atau bikin group musik), banyak dibutuhkan dalam berbagai kegiatan, mudah menghibur/memberi semangat/memotivasi diri sendiri, orang lain dan seterusnya.
  • Karena musik adalah seni yang menggerakkan berbagai anggota tubuh bersamaan dengan teratur. Pada alat musik tertentu bahkan dibutuhkan:
    • Gerakan kedua tangan dan kedua kaki,
    • ditambah goyangan seluruh tubuh mengikuti irama,
    • ditambah getaran dari suara musik itu sendiri,

maka seluruh tubuh kita bergerak! Pijatan ke seluruh badan. Gerakan ini menstimulasi otak kanan dan kiri (seperti kita tahu otak kanan mengontrol bagian tubuh bagian kiri, begitu sebaliknya, otak kiri mengontrol bagian tubuh bagian kanan) sehingga otak makin sehat dan pintar.

Baca juga:  Musik bikin cerdas? Einstein aja belajar musik

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN MUSIK

Dua contoh video tentang manfaat musik:
Amazing Benefits of Music Lessons on the Brain https://www.youtube.com/watch?v=2_7Nji0HWw8

Benefits of Music Education (Penelitian Harvard) https://www.youtube.com/watch?v=AzVSTNYKHbk
Berbagai bahasan musik terkini dapat di akses di channel youtube seperti program pemaparan ilmiah ‘Ted Talk’