Enter your keyword

post

Musik bikin cerdas? Einstein aja belajar musik

Kalau kita ketik ‘penelitian musik’ di google, silahkan memilih mana yang ingin dibaca dari 13 juta lebih artikel terkait. Tapi dua hal yang cukup mengejutkan dan menyenangkan buat kami yang belajar dan bermain musik bahwa:

  • Ternyata Einstein-ilmuwan yang sangat terkenal itu-, suka bermain biola dan piano. Ibu Einstein, Pauline Koch Einstein adalah seorang musisi yang mengajarkan musik kepada Einstein sejak kecil.
  • Jack Ma tokoh fenomenal pendiri Alibaba yang pidato motivasinya sering menjadi viral -, terkait pendidikan untuk masa depan, ia berkata: “Kita harus mengajarkan sesuatu yang unik, di mana mesin tidak dapat menyaingi: Nilai, kepercayaan, berfikir mandiri, kerjasama, kepedulian. Kita dapat mengajarkan olahraga, musik, melukis, seni.. untuk membuat perbedaan dari mesin. Jika mesin dapat melakukan lebih baik, kau harus memikirkan ini.” Berikut link videonya : https://youtu.be/GtBnwJp-mVM

Kedua hal di atas cukup memberikan keyakinan tambahan bahwa musik memang diperlukan dalam membangun kualitas seseorang.

Berikut dua link video tentang manfaat musik:

Jadi apakah musik bikin cerdas? Pertanyaan yang mirip kalau kita bertanya apakah makanan bikin sehat? Jawabannya iya tentu saja asal diberikan dengan bahan-bahan dan dengan proses yang baik dan tepat.

Apakah dengan begitu anak-anak sekarang yang belajar musik mendapatkan dampak yang sama? Sayangnya tidak. Karakter banyak anak jaman now yang malas, tidak disiplin, tidak tekun, kurang bersemangat, penjiwaan dan kecintaan yang rendah dalam belajar musik, tidak akan membuat dampak positif musik menjadi maksimal pada diri mereka. Sayang ya.

Baca : PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN MUSIK

Baca : Kenapa belajar musik?