Enter your keyword

post

The best and most expensive school

(Sekolah terbaik dan termahal) Waktu aku kecil aku sudah berandai-andai, kalau nanti aku mempunyai anak, aku tidak mementingkan apakah nanti ia kaya atau ia pintar, yang paling utama bahwa ia harus baik. Saat ini aku semakin sadar bahwa keinginanku itu adalah hal yang tidak mudah. Lebih mudah menjadikan seseorang pintar dan kaya daripada menjadikan dia orang yang baik. Untuk mendidik seseorang menjadi baik membutuhkan sekolah yang terbaik dan termahal. Dan menurutku sekolah yang terbaik dan termahal adalah pola asuh yang pintar dan bijak dari orangtua.

Seseorang yang baik itu maksudku adalah seseorang yang berkarakter positif dan optimal. Saat aku dan teman-teman mengajar kelas privat, jelas terlihat perbedaan kualitas karakter di antara siswa-siswi kami. Yang mengherankan, beberapa anak yang menonjol karakter serta kepintarannya bukanlah anak yang berasal dari keluarga kaya, bukan anak-anak yang mempunyai orangtua yang berpendidikan tinggi dan mereka juga tidak bersekolah di sekolah yang mahal. Justru sebaliknya, anak-anak yang berasal dari keluarga kaya, dengan orangtua yang berpendidikan tinggi dan bersekolah di sekolah yang mahal justru karakter dan kepintarannya banyak yang minus. Ironis sekali.

Karakter yang kami maksudkan (terkait dengan kegiatan di kelas kami) adalah ketekunan, kemandirian, kreatifitas, keceriaan, kesopanan, komunikatif-responsif, bertanggung jawab.

Beberapa kali kami mengadakan talk show dengan mengundang orangtua siswa-siswi yang mempunyai karakter menonjol tersebut. Jelas terlihat bahwa pola asuh di rumah sangat menentukan pembentukan karakter dari anak-anak mereka. Mereka peduli bagaimana sikap anak-anak mereka, tidak memanjakan, memberikan lebih kepada kebutuhan anak-anak mereka daripada yang diinginkan dan pola asuh lainnya (Lihat artikel ‘A Little About Character Development for Kids’).