Enter your keyword

post

Words From God? About Character Development for Kids

(Apakah ini perkataan Tuhan? Tentang pembangunan karakter anak) Aku adalah suara hati. Aku mewakili seluruh anak-anak dan aku ingin menyuarakan ini untuk seluruh anak-anak di dunia, agar tumbuh menjadi anak yang berkarakter baik, berbudi luhur, pintar dan senantiasa memberikan manfaat kebaikan pada semua orang. Dan semua itu ada di tanganmu, mama dan papa, para orangtua.

Lihatlah aku tidak meminta untuk terlahir di dunia, kalianlah yang menyebabkan aku lahir, tentu saja oleh kuasa Tuhan sang Pencipta. Tumbuh kembangku adalah tanggung jawab kalian. Jangan menuntutku untuk menjadi anak yang berbakti dan hormat pada kalian sebelum kalian mendidikku dengan baik dan bijaksana. Perkembangan karakterku akan ditentukan oleh pola asuh kalian. Surga kalian ada pada tumbuh kembangku. Aku akan menjadi seseorang yang menyadari ‘surga di telapak kaki ibu’ bila kalian mendidik dan mengasuh aku sebaik-baiknya dan sebijak-bijaknya.

Curahkanlah padaku kesabaran yang dipertahankan sekuat tenaga dalam mendidik aku dengan:

Menjadi Contoh dan Panutan Yang Baik

Aku mencontoh segala hal di sekelilingku, berikan contoh dan panutan yang baik. Jaga perkataan dan perbuatan agar aku melihat contoh yang baik untuk ditiru.

Mengajarkan Kebiasaan dan Hal Baik Padaku

Kebiasaan berdoa, bersabar, berempati pada kesusahan atau kerepotan orang lain, kebiasaan berbagi, kebiasaan bersabar, kebiasaan membantu orang lain, kebiasaan berolahraga, kebiasaan makan buah, kebiasaan mencuci tangan, kebiasaan menggosok gigi dan seterusnya.

Sikapi Pertanyaanku Dengan Jawaban Yang Paling Tepat

Anak sering bertanya, berikan jawaban terbaik, tidak mengada-ada, tidak berbohong dan apa adanya. Bila belum mengetahui jawabannya, katakan sejujurnya padaku dan berjanjilah untuk mencari jawabannya nanti.

 Ajarkan Aku untuk Menepati Yang Dikatakan / Dijanjikan

Itu yang orang bilang tentang integritas. Tepati setiap perkataan dan janjimu, bila tidak bisa, jangan berjanji.

Ajarkan Aku untuk Berkata Jujur dan Tidak Berkata Bohong atau Mengelabui

Kejujuran selalu mendatangkan kebaikan. Ajar aku untuk menghargai kejujuran. Bila belum saatnya untuk aku ketahui jelaskan dengan cara yang baik dan dimengerti. Bila kalian berbohong dan aku mengetahui kebohongan kalian, maka aku akan belajar berbohong, belajar kecewa dan bersikap tidak percaya padamu.

Arahkan Waktu Luang Untukku

Waktu luangku yang cukup banyak tidak ingin aku jalani dengan kegiatan yang sia-sia, tidak terarah atau bahkan yang negatif. Berikan, arahkan dan dampingi aku agar mempunyai kegiatan yang positif di waktu luang.

-Bermain secara positif dengan gerak untuk stimulasi motorik

-Menonton acara positif untuk kemampuan visual, pendengaran dan kognisi

-Berinteraksi sosial dengan teman-temanku dengan pengawasan yang baik, dan seterusnya

Didiklah Aku Disiplin dan Keteraturan

Mulai biasakan disiplin dan keteraturan padaku. Ini sangat baik untuk membentuk karakter dan mental yang positif. Contohnya ucapkan doa saat bangun tidur, sebelum tidur atau sebelum makan, memperbolehkan menonton televisi/main games sesudah mandi dengan waktu yang dibatasi, tidak jajan sembarangan dan dibatasi waktunya (contoh tiap 3 hari sekali) dan seterusnya.

 Apabila Melarang atau Berkata ‘Jangan’ Padaku, Sertai Dengan Alasan

Kalian pasti akan banyak sekali melarang aku atau berkata ‘jangan’. Larangan dan ucapan ‘jangan’ sebaiknya disertai dengan alasan. Sehingga aku belajar mengerti kenapa ia tidak boleh melakukan itu dan aku belajar mengerti bahwa larangan yang kalian lakukan bukanlah otoriter tetapi larangan karena sesuatu yang positif.

Boleh Didik Aku Tegas, bukan Kasar

Tegas perlu dilakukan tetapi jangan bersikap kasar. Sikap tegas diperlukan agar aku dengan jelas mengetahui mana yang baik atau tidak baik, mana yang boleh dilakukan atau yang tidak boleh dilakukan dan seterusnya. BErsikap kasar akan membentuk karakter dan sikap negatif padaku.

Jaga Komunikasi Dengan Baik

Usahakan selalu menanyakan kabarku, perasaaku atau berbincang dan berdiskusi mengenai topik yang aku sukai atau hal-hal yang menarik bagiku (Ajari aku untuk melakukan hal yang serupa: mananyakan kabar temanku, menanyakan mau bermain apa dst).

Berikan Kepercayaan

Kalian seringkali tidak mau repot sehingga kalian memilih untuk melarang atau mengambil alih hal-hal yang bisa aku lakukan sendiri. Memberi kepercayaan mungkin terasa merepotkan, karena memberi kepercayaan berarti bersedia untuk mengawasi, mendampingi, mengarahkan dan mau memaafkan bila aku berbuat tidak seperti yang kalian harapkan. Tetapi dengan memberi kepercayaan akan membuat aku menjadi mandiri, mempunyai kepercayaan diri dan mempunyai mental serta karakter yang baik.

Berikan Respon Positif /Reward Yang Sesuai

  • Dengan berterima kasih atas hal baik yang dilakukan (ajar anak untuk melakukan hal yang serupa)
  • Dengan mengatakan ‘baik’, ‘bagus’, ‘hebat’ dan hal -hal lain dengan sewajarnya
  • Memberikan hadiah yang secukupnya dan seterusnya.

Di atas semua hal di atas, berikanlah Cinta dan Kasih Sayang, dengan kebijaksanaan, termasuk perhatian dan kebersamaan denganku

  • Menghabiskan waktu bersama
  • Tertawa bersama, dampingi aku (terlebih) disaat yang dibutuhkan
  • Memberi sentuhan kasih, seperti mencium kening atau pipi, memeluk dan membelai rambutku
  • Tidak memanjakan dengan selalu menuruti keinginan ku
  • Memberikan barang yang dibutuhkan daripada yang diinginkan
  • Tidak membiarkan sikap negatif padaku
  • Dan lain sebagainya.

 

Tulisan di atas diambil dari buku kecil Pembentukan Karakter ‘Pesan Sayang Untuk Orangtua’ produksi My Right Education.